Goa bawah tanah di sekitar Jakarta

Harpitnas.. kemana ya..??
October 18, 2021
Irit Make Up dengan Pond’s Triple Glow Serum
March 7, 2022

Goa bawah tanah di sekitar Jakarta

Berawal dari postingan Instagram soal wisata unik bertema alam yang tak jauh dari Jakarta, namanya Goa Lalay, akhirnya kami pun berkunjung. Perjalanan sekitar 60 menit dari pusat Jakarta. Sesaat menuju ke tujuan kami dihadapkan oleh jalan rusak yang juga menjadi akses keluar masuk kendaraan besar. Kami hampir gagal sampai karena ga yakin dengan lokasi goa ini dengan akses yang selain rusak juga cukup sepi untuk menjadi destinasi wisata. Kendaraan roda 4 untuk menuju lokasi bisa melalui tol Cibubur, Jatikarya, ataupun Gunung Putri karena memang lokasina ada ditengah antara Cileungsi dan Klapanunggal.

Goa Lalay adalah goa alami bawah tanah yang baru terlihat setelah gunung kapur diatasnya di ‘bom’ dan dijadikan lokasi penambangan. Iyes,, gunung ini di bom untuk dihancurkan dan diambil materialnya. Begitu cerita penduduk lokal. Hingga kini pengunjung pun dibatasi untuk tidak masuk kedalam goa karena masih sering bebatuan diatas goa runtuh kebawah. Tak ada yang dapat memastikan kedalaman sungai didalam goa, hanya informasi dari warga lokal yang mengira-ngira bisa sampai 100 m. Ditahun 90-an, lokasi ini biasa jadi tempat camp yang suka dengan suasana mistis. Kini, gunung kapur hanya tersisa seperti foto pada dibawah yang saat ini sudah di stop penambangan karena pemerintah menjadikannya cagar budaya. Bisik-bisik warga lokal justru mewarnai larangan ini, katanya penambangan ilegal masih ada. Yahhhhh semoga Pemerintah setempat dapat segera memberi solusi baik soal akses jalan ataupun keamanan lokasi dan penambangan liar.

Tiket masuk per orang 10.000 5.000 motor dan 10.000 mobil biasanya untuk anak-anak bisa nego di lokasi hehe…. Sesampainya di lokasi kami dihadapkan dengan renovasi disana-sini   yang menurut ku baru akan layak dikunjungi sekitar 3-4 bulan kedepan. Tapi,,, kalau soal view dan jernihnya air jangan ditanya… travelers bisa lihat dari foto dibawah betapa anak-anak yang biasanya berasal dari penduduk setempat ini terlihat senang. Aliran air yang tidak deras dan dalam memang sangat disukai anak-anak, jadi menurutku kedepan wisata ini bisa jadi alternatif warga Jakarta untuk mencari wisata alam yang dekat.

 

.

admweb
admweb
marriage traveler from Indonesia

21 Comments

  1. Gusti yeni says:

    Unikk ya maak, tau aja maak tmp unik dan ga nyeraah tetep lanjut pencarian 💪💪 ayok maak rajin nulis blog

  2. Masyaallah ternyata di Jakarta ada wisata alam sebagus ini. Suka banget sama foto yang paling bawah. Jadi pengen ikutan nyebur juga. 🤭

  3. Nurul Rahma says:

    Seruuu ya, warga Jakarta dan sekitarnya bisa plesir ke destinasi yg ciamik seperti ini
    Mantuull banget!
    Aku bisa infoin ke sodara2ku yg tinggal di Jkt nih

  4. Wah, kemana aja aku baru tahu Goa Lalay…noted berarti 3-4 bulan dari kapan ini renovasi selesai. Smeoga kalau aku ke sini udah selesai, lumayan enggak jauah-jauh dari Jakarta ada gia bawah tanah

  5. Iin Fauziah says:

    Viewnya keren, airnya pun memang kelihatan masih nampak jernih ya mba. Lihat foto-fotonya auto keinget kampung halaman suami di Lamongan yg memang punya kontur geografis gunung kapur. Dan memang dekat dengan wisata Goa Maharani

  6. Beneran nih ada di Jakarta. Kere banget, belum pernah denger ada goa bawah tanah di Jakarta. Pan kapan ke sana ah.

  7. Airnya jernih ya? tempat yang oke juga buat me time sama keluarga. Guanya tidak terfoto ya Kak?

  8. nisa says:

    aku baru tahu ada tempat wisata alam kayak gini bagus viewnya. makasih ya mbak, berasa diajak jalan jalan online, insya Allah jadi destinasi wisata bareng keluarga

  9. Wah info baru ni, aku malah ga tau, padahal ortuku tinggal di Cibubur. Kapan-kapan coba ku eksplor ah!

  10. Jihan says:

    Wahh asyikk banget lihat foto2nya, airnya juga jernihh tuhh.. jarang2 aku lihat wisata alam di Jakarta sebagus ini kak <3

  11. Sagita nur pratiwi says:

    Seru banget ya, baru tahu ternyata ada wisata alam seperti ini di daerah jakarta. Bisa jadi destinasi kalau bingung mau kemana mana

  12. Wah asri banget ya, ada air alami. Tidak menyangka kalau ini ada di Jakarta. Pengen suatu saat bisa ke sana

  13. Alfimanzila says:

    Uwaawww daerah jakarta ada destinasi kayak begitu, auto nggak percaya dong…tapi syukur alhamdulillah orang jakarta punya destinasi alam hehe

  14. Unik ya, tempat terbengkalai kalau di hias sedikit saja jadi trmpat destinasi spot foto yang oke. Seenggaknya meramaikan tempat yang dulu sepi.

  15. Vy says:

    Wah, menarik nih. Nggak jauh dari ibukota pula. Sepertinya belum terkenal ya? Saya baru tahu setelah baca ini, hehe

  16. Dian says:

    Wah seru ya, ada tempat wisata goa di sekitar Jakarta
    Kalo di Surabaya yg seperti ini adanya di Madura mbak yang paling dekat

  17. Alfa Kurnia says:

    Saya tadi mencari-cari foto view di dalam goa, ternyata masih dalam renovasi, ya. Jadi sekarang pengunjung bisa main di sekitar goa ya, Mak? Anak-anak diajak main air pasti senang tuh.

  18. nunu amir says:

    Keren ya mba, baru tau ada goa dekat jkt

  19. Rita says:

    Wah seger banget bisa main air disitu. Semoga bisa segera tuntas ya pembangunannya

  20. Pemandangannya cukup indah ya. Terjangkau pula jaraknya dari kota. Bisa jadi tujuan piknik tipis2 nih. Nemu aja tempat sebagus ini sekitar Jakarta.

  21. Lidia Hayaty says:

    Saya baru dengar ada Goa Lalay di sekitaran Jakarta dan dekat sekali ini masih Cileungsi, harus ajak anak-anak kapan-kapan ini ke sana agar cinta sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.