Indochina 4 negara, 7 hari..!! Part 1

Kata siapa ke Curug itu gampang..??
February 22, 2019
Indochina 4 negara, 7 hari..!! Part 2
February 27, 2019

Indochina 4 negara, 7 hari..!! Part 1

Jakarta – Pattaya

Perjalanan ini adalah perjalanan yang ditunggu-tunggu sebagai reward diri saya atas pencapaian target kuliah tahun ini. Yaps, gelar M.Si sudah ditangan so i think i need to reward my self as a compliment and finally to motivate my self – again – to reach another steps of my life. Perjalanan ini akan terasa sangat berbeda as my other half coudln’t have time to join us. Maka jadilah saya bersama teman-teman seperjuangan merebut M.Si yang memutuskan pergi bersama.

Lalu kenapa dimulai dari Bangkok karena bagi kami Bangkok adalah kota “strategis” jika ingin berkeliling Indochina. Juga karena Bangkok memiliki kultur yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Banyak orang berfikir kenapa harus pelesiran ke negara di Asia Tenggara yang cuaca dan orang-orangnya sama dengan jakarta. Well for me it’s challenging karena pernah suatu hari saat saya harus menunaikan pekerjaan d Thailand selatan banyak yang ngira i’m thai and they started to make conversation in thai to me .LOL. dan akhirnya saya harus menjelaskan (berkali-kali) bahwa saya adalah orang Indonesia then 2 minutes after kami bisa saling bertukar bahasa.. At last i understand “kapuncha” instead of thank you to be used in there.

This is more interesting to me bahwa kita bisa mencari jati diri sebagai orang Indonesia di negara yang memiliki beberapa kesamaan budaya dengan kita. World is too small if you just keep reading books instead of prove it with your eyes..!!

Pukul 8 malam kami tiba di Don Mueng International Airport dan bersiap menuju Pattaya dengan menggunakan Bus. Setelah beberapa kali bertanya dan tentu saja berbekal hasil googling juga membawa peta kemanapun kami pun akhirnya menggunakan bus menuju Bangkok Bus Terminal Chathucak yang jaraknya kurang lebih 1,5 jam dari Bandara ditambah macet dan “ngetem” bus yang ternyata tidak jauh dengan bus umum di Jakarta. Sesampainya di Terminal Bangkok kami langsung disambut oleh beberapa orang yang menawarkan beberapa tujuan yang biasa dipilih oleh backpacker. iya, Bangkok adalah kota yang cukup ramah dan mengerti bagaimana memperlakukan Backpacker seperti kami.

Pukul 10 kami pun mendapatkan kendaraan minibus menuju Pattaya. Perjalanan malam menuju Pattaya kami tempuh selama 2 jam. For the record backpacker ke Pattaya sebaiknya dilakukan siang atau sore karena kendaraan kami hanya mengantarkan pada jalan raya (bukan didepan hotel). Alhasil kami masih harus stop “ojek pengkolan” untuk mengantarkan kami menuju hotel yang sudah kami pesan online dari Jakarta. Tak mudah berkomunikasi dengan orang-orang Thailand (specially Bangkok) karena penggunaan Bahasa Inggris masih jarang mereka pahami. Komunikasi non verbal dengan menunjukkan booking code nama hotel kami adalah satu-satunya cara kami bisa diantarkan menuju lokasi.

Untuk teman2 yang sempat tanya rekap biaya perjalanan kami, kami akan share update setiap harinya. Dan ini Rekap perjalanan hari ini :